Berapa Lama Waktu Untuk Menyembuhkan Hati?

 Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan hati yang terluka? 

Aku masih ingat bagaimana rasa sakit itu menggerogoti seluruh tubuhku. Bagaimana lagu-lagu tertentu membuat dadaku berdenyut kala terdengar nada-nada itu. Bagaimana sepanjang jalan terasa lama dan menyakitkan karena penuh dengan kenangan. 

Aku ingat bagaimana menyedihkannya diriku ketika harus mengendarai mobil sambil menangis. Terkadang menimbulkan tanya pada pengendara lain yang menyadari keadaanku. Bagaimana pandanganku memudar hingga sesekali kuhentikan laju karena sudah tak sanggup berkendara. Sesak. Seakan berada dalam sebuah kotak beroda tanpa celah sedikitpun. 

Kukira, ini akan selamanya. Kukira, sakit ini tak ada ujungnya. 

Nyatanya aku salah. 

Aku sudah bisa menikmati makanan dan minuman yang dulu terasa hambar dan menolak masuk ke dalam perutku. Aku sudah bisa menikmati jalan-jalan yang kulewati. Aku sudah bisa menyanyikan lagu-lagu yang terasa menyakitkan itu. Aku sudah bisa bercanda, tersenyum, tertawa. 

Aku sudah bisa mengenang segalanya. 

Aku sudah bisa meninggalkan semuanya di belakang, tanpa perlu menoleh dengan hati yang tergores. 

Memang akan selalu ada masa dimana dunia terasa runtuh dan jauh dari cerahnya mentari. Bagaimana masa-masa gelap dan sepi yang pernah kulewati terus menyiksa setiap hari. Bagaimana aku menyesali semua yang telah terjadi dan berharap ada cara untuk bisa mengulang waktu. Bagaimana aku ingin satu hari terlewati dengan sangat cepat. Bagaimana aku membunuh waktu dengan tidur terus-menerus. 

Tidur; agar sejenak aku melupakan segala beban di kepala. Agar ketika aku membuka mata, ada waktu yang sudah terlewati sebegitu banyaknya. Ada satu hari yang berhasil kulewati. 

Pada akhirnya, semua itu berlalu sudah. Segala kesulitan semakin tergerus oleh keadaan yang terus-menerus membaik. Aku berhasil menjadi diriku lagi. Memang tak sama persis seperti dulu, namun aku sadar aku terus berkembang. Aku menjadi pribadi yang baru lagi, dengan segala pengalaman yang sudah kulewati. 

Lalu, berapa lama waktu untuk menyembuhkan hati itu; menyembuhkan dari seseorang yang sangat berarti di masa itu? 

Selama kau meyakini bahwa semua akan sulit, selama itulah hatimu tak akan pernah sembuh. Saat kau cukup mencintai dirimu untuk tak lagi ingin merasakan sakit, saat itulah hatimu perlahan sembuh. 

Kembali seperti dulu; menjadi dirimu. 


Comments

Popular posts from this blog

Ibu Kita Kartini

Afgansyah Reza-Refrain (chord gitar dan lirik lagu) Ost.Refrain 2013

Kumpulan Pantun 11 IPA 1