Hasta Karya dari Barang Bekas

    Setiap tahun, kota Lubuklinggau pasti ngadain lomba Pemilihan Siswa Berprestasi kategori SD, SMP, SMA sederajat. Pemenang pertama putra/i nanti akan dikirim untuk mengikuti Pemilihan Siswa Berprestasi se-Provinsi Sumatra Selatan. 
    Di hari pertama lomba ini, siswa/i akan diuji tes tertulis mata pelajaran yang meliputi: Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Kewarganegaraan, dan Bahasa Inggris. Hari kedua, siswa/i akan diuji tes pidato dua bahasa: Indonesia dan Inggris dengan tema yang ditentukan dan membuat hasta karya dari barang bekas. 
    Tahun ini saya bersama teman saya yang bernama Naufal mengikuti Pemilihan SisBer mewakili sekolah saya, SMPN 1 Lubukllinggau.Tujuan saya membuat note ini, saya akan memperlihatkan hasta karya yang telah saya buat. Saya membuat miniatur gerobak dengan bahan utamanya yaitu koran. 
    
    Pembuatannya sangat mudah, itulah sebabnya mengapa saya memilih miniatur gerobak sebagai hasta karya yang akan saya buat. 
 Miniatur yang saya buat ada ditengah. Disamping kiri dan kanannya adalah hasta karya buatan teman saya dari SMPN2 (fitria) dan SMPN3 (izzah). Sekalian saja ya saya jelaskan semuanya mulai dari sisi kiri. 
    
    Itu adalah hiasan meja berupa bunga. Bahan dasarnya adalah gelas aqua bekas atau botol mizone (jika kamu ingin berwarna) dan bungkus mie. Guna gelas aqua sebagai pot bunga tersebut. Bunga yang dibuat dari bungkus mie tersebut dipotong-potong pinggirnya dan diputar dehingga terlihat seperti bunga yang mengembang. Setelah itu tinggal tempelkan saja bunganya di pot (gelas aqua). Mudah bukan? Pasti teman2 bisa membuatnya :D
    
    Yang ditengah itu buatan saya. Bahan dasarnya dari kertas koran. Yang pertama dilakukan, koran tersebut digulung hingga padat, semakin padat koran yang digulung berarti semakin keras gulungannya dan itu lebih baik. Setelah digulung, potong korannya sesuai ukuran dan tempelkan sesuai bentuk yang diinginkan. Buatlah gerobak dan atapnya. Jangan lupa untuk membuat rodanya! :) Saya sengaja tidak mengecat gerobak tersebut, tulisan pada kertas koran justru akan membuat gerobak tersebut semakin unik. Untuk membuat kesan mengkilap, saya menyemprotkan cat pylox bening (clear). Setelah gerobak tersebut selesai dibuat, saya memasukkan mainan gantungan kunci berbentuk buah dan sayur, dengan begitu selesai sudah hasta karya miniatur buatan saya. 
    
    Dan yang terakhir yaitu lampu tidur. Lampu tidur ini cukup unik juga :D Yang berwarna kuning itu adalah stik es krim yamg diukur sesuai keinginan dan ditempel sehingga berbentuk seperti itu. Dibawahnya yaitu triplek yang dicat berwarna putih. Nah, didalam benda seperti lingkaran yang terdapat diatas itu ada lampunya. Lingkaran itu didapat dari botol handbody yang dililitkan dengan benang berwarna pink dan krem. oh iya, usahakan stik es krim yang berada diatas sekali itu cukup untuk menjepit lampu sehingga lampunya tidak jatuh kebawah. Dengan begitu selesai sudah lampu tidur dari stik es krim tersebut. 
    Sangat simpel ya? Tentu saja teman-teman bisa membuatnya dengan mudah ;)

Comments

Popular posts from this blog

Ibu Kita Kartini

Afgansyah Reza-Refrain (chord gitar dan lirik lagu) Ost.Refrain 2013