Tips Bernyanyi

Kali ini aku mau sharing tentang beberapa hal dalam bernyanyi. pasti semua orang suka nyanyi kan? iya dong pasti! nah biar nyanyi nya makin enak, aku mau kasih beberapa hal yang kamu bisa lakuin untuk memperbaiki caramu bernyanyi, supaya orang-orang seneng dengernya :D silahkan dibaca (semuanya dari beberapa sumber seperti blog,buku,dan guru saya sendiri)

Yang paling penting dan terutama adalah "Pernapasan". Dalam bernyanyi, pasti dibutuhkan nafas yang panjang supaya gak ngos-ngosan. Berikut beberapa cara melatih pernapasan:   

Pertama, kalian harus tahu kalau pernapasan paling baik itu adalah pernapasan DIAFRAGMA. pernapasan diafragma adalah menarik/mengambil nafas untuk mengisi dan mengembangkan rongga perut/diafragma.

Nah, ada cara melatih pernapasan (gunakan diafragma ya!) : 
-Cobalah untuk menarik nafas dalam hitungan 8 detik
-Tahan selama 4 detik
-Keluarkan nafas dengan suara berdesis selama 8 detik
Ada juga cara lain, kalo mau nafas panjang, kalian coba kumur-kumur pake air terus tahan dan gerak-gerakkan lidah kalian. katanya sih supaya tenggorokan kuat dan nafas lebih tahan lama. 
Untuk mendengar suara dan pernafasan, bisa juga begini : tutup salah satu telinga dengan tangan kemudian lakukan pernafasan diafragma dan dengarkan suaramu.

Kedua, hal yang juga penting adalah Intonasi. Intonasi itu pengucapan tiap kata dalam bernyanyi. kan biasanya ada aja tuh orang nyanyi tapi kagak jelas apa yang diucapin. Kalian bisa latih Intonasi dengan menyamakan nada di Keyboard: Do sampe Do nada tinggi.  dan latihlah pengucapan lafal A, I, U, E, O dengan jelas.

Ketiga adalah bentuk mulut. Bentuk Mulut itu penting, loh! Usahakan saat bernyanyi, lidah didatarkan dan ujungnya menyentuh bagian belakang gigi seri kalian.

Keempat yaitu posisi tubuh. Posisi tubuh juga memengaruhi pernafasan kalian. Makanya, saat bernyanyi usahakan kalian berdiri atau duduk dengan tegak. Saat berdiri, bagilah beban yang sama pada dua kaki kalian agar seimbang. Saat duduk, bagian pinggang haruslah tegap!

Yang terakhir, ada semacam "dorongan luar" begitu. Cara melatihnya nih: kencangkan bagian samping bawah tulang rusuk. Ucapkan "HIS" dan letakkan tangan dibawah samping rusuk. Rasakan bagian itu mengencang! Jika mengencang, maka kalian berhasil. 

Naah itulah beberapa cara untuk memudahkan kalian dalam bernyanyi. semoga bermanfaat ya! kalau ada yang salah boleh deh kasih tahu, atau boleh juga tambah-tambahin tips yang lain. Terimakasih :D

Comments

Popular posts from this blog

Ibu Kita Kartini

Afgansyah Reza-Refrain (chord gitar dan lirik lagu) Ost.Refrain 2013

Hasta Karya dari Barang Bekas